Minggu, 14 Agustus 2011

Ilmu

Di dalam kehidupan kita banyak sekali hal yang perlu untuk diketahui dan dipelajari, mulai dari kita belajar untuk makan ketika bayi yang mengajar kita adalah ibu dan bapak kita. Ilmu makan memakan berasal dari orang orang yang menyuapi kita sejak bayi, sampai kita belajar makan dari meliaht dan mempelajari dari orang tua kita atau yang merawat kita. Alhamdulillah atas segala ilmu yang kita pelajari dari mengurus diri sendiri, hingga mengurus orang lain sampai mempelajari tentang benda yaitu memakai baju. Semua yang diberikan kepada kita tak terasa atau terasa adalah karuniaNya Allah SWT Yang Maha Tahu dan Berilmu, karena hanya dengan kehendak Allah saja kita ada. Allah memberi ilmu kepada kita tidak hanya dalam hitungan kita, juga dalam hitungan MalaikatNya yang mencatat berapa banyak ilmu yang kita pelajari setiap hari dan setiap bulan hingga tiap tahun.

Allah berfirman dalam Surat Al Kahfii ayat 66. Musa berkata kepada Khidhr: "Bolehkah aku mengikutimu supaya kamu mengajarkan kepadaku ilmu yang benar di antara ilmu-ilmu yang telah diajarkan kepadamu?"

dari ayat ini bisa disimpulkan dan diketahui bahwa seorang Nabi seperti Nabi Khidhir menjadi guru bagi Nabi Musa AS, yang saat itu dicoba Allah untuk mempelajari ilmu kepada orang yang sabar seperti Nabi Khidhir ini. Ilmu yang diberikan Allah kepada Nabi Musa selama itu dirasa kurang, karena Nabi Musa sendiri masih kekurangan ilmu dari orang yang pernah memberi pelajaran kepada beliau. Nabi Khidhir adalah termasuk diantara Nabi yang memiliki banyak ilmu, yang terkenal dari beliau adalah kesabaran beliau (Nabi Khidhir) agar nanti bagi Nabi Musa ASW bisa bersabar dalam menghadapi kehidupan dan memerangi musuh musuh Allah SWT.

Al Qur'an Surat Al Kahfii Ayat 65. Lalu mereka bertemu dengan seorang hamba di antara hamba-hamba Kami, yang telah Kami berikan kepadanya rahmat dari sisi Kami, dan yang telah Kami ajarkan kepadanya ilmu dari sisi Kami[886]

Al Qur'an surat Al Baqarah Ayat 255. Allah, tidak ada Tuhan (yang berhak disembah) melainkan Dia Yang Hidup kekal lagi terus menerus mengurus (makhluk-Nya); tidak mengantuk dan tidak tidur. Kepunyaan-Nya apa yang di langit dan di bumi. Tiada yang dapat memberi syafa'at di sisi Allah tanpa izin-Nya? Allah mengetahui apa-apa yang di hadapan mereka dan di belakang mereka, dan mereka tidak mengetahui apa-apa dari ilmu Allah melainkan apa yang dikehendaki-Nya. Kursi[161] Allah meliputi langit dan bumi. Dan Allah tidak merasa berat memelihara keduanya, dan Allah Maha Tinggi lagi Maha Besar. 

Ayat 255 dari Surat Al Baqarah tersebut adalah ayat yang kita kenal dengan naman Ayat Kursi, yang telah banyak di baca oleh kaum Muslimin untuk memberi keamanan dan ketentraman dalam kehidupan. Allahlah yang Maha Tahu atas apa yang ada di langit dan di bumi ini, dan kepunyaanNya pula apa yang ada di langit dan di bumi ini agar kita memanfaatkannya disamping juga ada madharatnya.


Para Siswa Yayasan Tarbiyatul Wathon desa Campurejo Panceng Gresik sedang memasuki Madrasah mereka tercinta,  semoga Allah memberi mereka 'Ilmu yang brmanfaat untuk dunia dan akherat nanti, Amin....












Tidak ada komentar:

Posting Komentar