Minggu, 02 Oktober 2011

Merenungkan Diri

Berkelana mencari jati diri adalah dambaan setiap orang, karena itu manusia sering mencari jati diri. Manusia mencari manusia adlah hal yang wajar dan tak terbantahkan karena manusia menyayangi manusia yang lain. Manusia hanya berasal dari tanah dan manusia bekerja untuk dan bersama Tuhan karena Tuahn Allah maha bijaksana, dan membijaksanai seluruh makhlukNya. Manusia adlah sahabat manusia dan selalu bersama manusia. Bekerja bersama manusia adalah yang benar.

Demi Tuhan saja manusia bekerja dan beramal karena manusia hanya bias berusaha dan berdo’a, manusia mengenal manusia yang lain karena manusia hanya berusaha untuk saling mngenal satu sama lain. Sesuatu yang benar itu hanya berasal dari Tuhan saja karena Tuhan Allah Maha benar, dan Allah Maha Tahu atas segala sesuatu. Satu hal yang benar adalah mengenal Allah dari jalan Makrifat yakni mengetahui Tuhan dengan pengetahuan dan hati nurani yan bersih. Allah Maha tahu atas segala sesuatu maka dari itu Allah member pelajaran agama pada hambaNya semua, dan itu benar karena Allah maha Tahu. Karena Allah Maha Tahu maka kita harus belajar mengenal Allah yang maha benar, dan kita harus mensyukuri atas segala ilmu kita. Allah Maha member atas hambaNya.

Lautan ampunan Allah pasti akan diberikan kepada HambaNya, Allah Maha pengampun karena itu kita harus mampu meminta maaf pada diri kita sendiri. Mampu atau tidak mampu kita harus merasa untuk tetap berusaha kalau kita bisa mampu. Dan benar adanya manusia kalau mau untuk terus merasa berusaha karena dengan berusaha kita akan mendapatkan apa yang kita inginkan dan kita usahakan. Allah maha member kelapangan rizki kepada kita dan kita memang pantas untuk berusaha agar kita mendapatkan pekerjaan dan rizki. Rizki yang kita dapat adalah rizki yang benar dan halal. Halalnya benda adalah karena kita berusaha untuk mendapatkannya.

Harga benda saja adalah tergantung kita untuk berusaha menghargainya, dengan menghargainya kita akan mendapat usaha untuk terus berusaha. Karena kita berusaha untuk barang maka kita berusaha untuk mendapatkan barang, barang yang kita sukai akan kita dapat kalau kita mau berusaha untuk mendapatkannya. Barang yang kita dapat adalah yang sesuai dengan yang kita inginkan dan kita dambakan. Barang yang berasal dari tanah adalah yang kita dapat dengan membelinya dan mengupayakannya.
Marah adalah sifat kita yang benar kalau kita kalau kita mau mendapatkannya dan memilikinya. Demi rasa yang kita miliki kita harus merasakan betapa sulit manusia mendapatkannya. Manusia akan merasa benar kalau mau merasakan tuhannya dan benar memang manusia harus mendapatkan segalanya. Setiap persoalan akan kita jalani dan kita lewati kalau memang benar untuk dijalani. Semua yang kita dapatkan harus kita syukuri karena kita memang harus bersyukur dan bersyukur adalah kewajiban kita sebagai manusia yang memiliki Tuhan Allah SWT yang maha bersyukur atas segala yang kita miliki. Yang kita miliki adalah pemberian Tuhan yang harus kita syukuri dan bersyukur adalah rasa dan tanda bahwa kita mau mendapat tambahan darai Allah SWT. Allah maha tahu atas segala sesuatu dan maha mengerti

Tidak ada komentar:

Posting Komentar