Kamis, 13 Oktober 2011

Aku Datang Lagi

              Selama ini apa yang sedang kupikirkan ternyata tidak jauh dari mereka, sama sama mencari ilmu dari jalan manapun. Tidak akan pantang menyerah meski tak ada bangku untuk duduk, kata hatiku demikian bahwa artinya jangan menyerah pada nasib tapi ingatlah nasab. Ingat nasab di sini adalah bahwa mencari ilmu adalah kebiasaan nenek moyang kita, dan tidak menyerah walau jarak yang jauh membantang. Jauhnya antara Timur Tengah dan Indonesia tak menjadi masalah bagi kita, untuk tetap mencari ilmu yang kita butuhkan. Selama ini aku menyerah pada waktu dan keadaan yang terbatas, namun apa yang diberikan oleh Allah SWT padaku tidak terbatas.

             Allah Maha Tahu atas segala sesuatu terhadap hambaNya demikian Maha Tahu, sehingga Allah memberikanb ilmu tak habis dimakan jaman dan melewati jaman ke jaman. Allah tidak akan memberi keputusasaan kepada kita jika kita mengingatNya, kelak kita akan mendapat apa yang kita idam idamkan. Selama kita mau berdo'a agar kita selalu ditambahi ilmuNya kita pasti akan diberiNya ilmu yang tak terhitung jumlahnya, juga kualitasnya bagi kita untuk kehidupan kita ini. Baik untuk kita sekarang maupun nanti, juga adanya sejarah membuat kita tidak akan pernah lelah memohon ilmuNya. Semua ada karena Allah yang berkehendak dan berkuasa, sesungguhnya Allah Maha Kuasa atas segalanya, dan menentukan kuasa tiap tiap sesuatu agar cukup tidak kurang dan tidak lebih.

             Sebab kita hanya hambaNya yang lemah dan tak berdaya upaya, maka berharap agar Dia selalu memberikan kepada kita ilmu dan amal yang baik akan terus terwujud. Semoga Allah selalu memberi kita ilmu yang bermanfaat untuk dunia dan akhirat kita kelak, sebab dengan ilmu Allah SWT kita akan mendapat terang dunia ini dari kegelapan kita sendiri. Kegelapan yang selalu ada dalam kehidupan kita akan ada batasnya, dan tak akan selalu Allah memberikan jalan kita gelap melainkan jalan yang juga terang. Terang dunia ini dengan ilmu dan islam juga Iman apalagi Ihsan, agar kesemuanya itu akan memberi kita rasa optimis dan tidak pesimis menghadapi kehidupan dunia ini. Kegelapan ilmu yang kita miliki adalah cobaan bagi kita, begitu juga dengan keterangan ilmu kita adalah merupakan suatu cobaan. Agar kita berusaha tampil baik dan sesuai dengan cinta dan harapanNya kepada kita, kita tidak akan pernah runtuh jika kita selalu ingat padaNya.

               Nama nama Allah SWT Maha Luas adalah wujud ilmu Allah Maha Luas lagi Maha Berilmu atau Maha Tahu, jangan pernah pesimis karena nanti kita masih bisa bertemu dengan hari esok yang cerah. Kita tidak akan pernah pesimis jika kita selalu ingat padaNya, dengan ingat padaNya kita akan menanam rasa optimis dan berharap juga rasa syukur dan sabar dengan dan bersamaNya. Rasa yang kita miliki adalah modal bagi kita untuk melangkah, mewujudkan hidup yang indah dengan tetap berharap kepadaNya bukan bersama syetan dan iblis yang terlaknat. Semoga Allah selalu mengiringi kita melangkah dan mewujudkan kehidupan kita dengan baik, dan membangun negeri ini dengan rasa cinta dan kasih sayang bukan benci dan murka juga durjana. Jangan menjadikan apa yang diberikan Allah kepada kita menjadikan kita kufur dan ingkar, tapi jadikan apa yang ianugerahkan oleh Allah sebagai modal kita bersyukur, memuji, dan bersabar bersama Allah SWT.

                Jika hidup ini berjalan sebentar saja maka itu menjadikan kita bersemangat kepada Nya, untuk tidak terus berputus asa atas adanya dunia ini yang sebentar saja. Sadar akan datangnya mati membuat kita sabar menjalani hidup ini, datangnya walau cepat dan mengahantui kita kita anggap itu sebagai bahan bakar bagi kita untuk bersemangat tanpa kenal payah dan menjauh dari siksa. Siksa yang kita alami adalah cobaan dariNya seberapa sabar kita mengelola kehidupan kita ini, agar bermanfaat bagi kita dan berupaya untuk berbagi rasa kasih dan sayang kita kepada sesama kita. Jangan merasa sebagai orang yang kekurangan atau merasa berlebihan, merasalah cukup atas apa yang ada di sekitar kita ini. Hidup ini adalah semangat bagi makhluk lain agar mereka bermanfaat bagi kita, dan mereka seolah berkata agar jangan berhenti untuk selalu beribadah bersama mereka kepadaNya.

                Salah satu kelemahan yang kita miliki adalah anugerha juga bagi kita, kita akan lebih optimis lagi akibat cobaan yang datang kepada kita. Salah satu sayang Allah kepada kita adalah adanya ilmu dan kekayaan  dariNya, keduanya tidak dapat dipisahkan dan keduanya merupakan milik Allah semata dan ada pada kita merupakan cobaan. Cobaan yang kita miliki adalah semangat yang diberikanNya kepada kita agar kita bisa berbuat baik selamanya bersama Allah SWT, agar Ia rela memasukkan kita ke dalam Surga yang penuh kenikmatan yang tiada tara. Kenikmatan Surga yang ada adalah adanya buah buahan yang sedap dan enak untuk dimakan, dengan adanya itu kita akan teringat pada Nya Yang Maha Kuasa atas segalanya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar